Masjid Islamic Center Samarinda berada di kelurahan Teluk Lerong Ulu, tepatnya di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Masjid ini menjadi tempat beribadah yang memiliki ukuran terbesar kedua di Asia Tenggara serta juga termasuk ke dalam salah satu masjid termegah yang ada di Indonesia. Dengan ukuran luas bangunan utama sebesar 43.500 meter persegi, serta bangunan tambahan yang berukuran 7.115 meter persegi, sedangkan untuk lantai basement memiliki luas sampai 10.235 meter persegi. Lantai dasar masjid ini memiliki luas 10.270 meter persegi dengan lantai utamanya berukuran 8.185 meter persegi dan untuk luas lantai balkon sebesar 5.290 meter persegi.

Tempat berdirinya masjid islamic center samarinda kalimantan timur sebelumnya merupakan tempat yang digunakan oleh PT Inhutanil I dalam hal proses untuk menggergaji kayu, namun akhirnya diberikan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur untuk dipergunakan sesuai dengan keperluan yang ada. Pembangunan masjid ini sendiri dilakukan saat mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri masih menjabat, tepatnya di tanggal 5 juli 2001 tiang pancang pertama sekali diletakkan dan penekanan tombol yang menandakan proses pembangunan segera dimulai. Selama tujuh tahun pembangunan dilakukan akhirnya pada tanggal 16 juni 2008 tepatnya di masa pemerintahan mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono akhirnya masjid islamic center samarinda di resmikan dan sudah dapat dipergunakan sebagai tempat beribadah orang Islam.

Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid Islamic Center Samarinda mempunyai 7 buah menara, untuk menara utamanya memiliki ukuran tinggi 99 meter dimana dari segi angka 99 melambangkan jumlah asmaul husna yang berjumlah 99. Pada bagian menara utama terdapat bangunan 15 lantai dengan tinggi setiap lantai sekitar 6 meter. Bagian anak tangga yang menghubungkan lantai dasar dengan lantai utama masjid memiliki jumlah 33, dimana ini juga melambangkah jumlah biji tasbih yang sebanyak 33 biji. Sedangkan untuk menara lainnya yang berjumlah 6 buah, peletakannya dibuat terpisah dimana 4 buah menara berada di setiap sudut masjid dengan memiliki tinggi 70 meter dan 2 menara lainnya berada di pintu gerbang dengan ukurang tinggi sekitar 57 meter. Jumlah 6 menara pendukung ini juga melambangkan jumlah yang ada dalam rukun iman, dengan bangunan yang seperti ini serta kubah masjid dengan warna yang menarik tidak salah juga menyematkan masjid ini jadi salah satu masjid terindah di Indonesia. Dengan dibangunnya masjid islamic center samarinda di kalimantan timur, diharapkan dapat memperkokoh keislaman masyarakat dan juga diharapkan dapat memberikan tempat beribadah yang memadai untuk umat Islam.

Baca Juga:
Masjid Kubah Emas Itu Bernama Dian Al Mahri di Kota Depok